Selasa, 02 Februari 2016

MAKALAH BUDAYA DI INDONESIA



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Indonesia adalah negera yang tersusun atas gugusan kepulauan yang tersebar dari sabang sampai marauke. Miliki flora dan fauna yang khas juga memiliki berbagai macam suku dan ras. Keragaman suku dan ras inilah yang menjadikan indonesia kaya akan budaya. Hubungan - hubungan antar kebudayaan tersebut dapat terjalin harmonis karena ada Pancasila sebagai dasar negara. Pada sila ketiga Pancasila yang berbunyi “ Persatuan Indonesia” telah memiliki makna yang berarti dalam terjalinnya kebudayaan yang satu dengan yang lain. Kebudayaan adalah salah satu identitas bangsa apabila hilang atau diklaim pihak lain maka identitas bangsa indonesia pun akan ikut menghilang juga. Semua anggota masyarakat wajib menjaga kebudayaan di indonesia. Melestarikan kebudayaan agar anak cucu kita dapat melihat betapa kayanya indonesia.

1.2  Rumusan masalah
1.apa pengertian tentang kebudayaan.
2.menjelaskan ragam budaya di indonesia.
3.bagaimana dan siapa yang harus menjaga kebudayaan di Indonesia.

1.3 Tujuan
Untuk memberikan penjelasan tentang arti kebudayaan dan menjelaskan keragaman budaya di indonesia serta mengetahui cara untuk menjaga kebudayaan itu sendiri.

1.4 Perumusan Masalah
Dalam makalah ini beberapa perumusan masalah yang akan di bahas lebih jauh yaitu pada  keragaman budaya dan cara menjaganya.

BAB II
PEMBAHASAN

Kebudayaan adalah suatu hal atau cara yang di wariskan dari generasi ke generasi secara turun temurun. Banyak sekali pendapat dari beberapa tokoh tentang arti kebudayaan itu sendiri diantaranya adalah Selo Soermardjan yang berpendapat bahwa kebudayaan adalah sarana hasil karya , rasa dan cipta masyarakat. Kemudian pendapat dari Edward Burnett Tylor, kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.
Indonesia memiliki banyak sekali kebudayaan. Kebudayaan nasional yang berlandaskan  adalah perwujudan cipta, karya dan karsa bangsa indonesia dan merupakan keseluruhan daya upaya manusia Indonesia untuk mengembangkan harkat dan martabat sebagai bangsa, serta diarahkan untuk memberikan wawasan dan makna pada pembangunan nasional dalam segenap bidang kehidupan bangsa. Dengan demikian Pembangunan Nasional merupakan pembangunan yang berbudaya. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Wujud, Arti dan Puncak-Puncak Kebudayaan Lama dan Asli baik Masyarakat Pendukukungnya, ini adalah pengertian kebudayaan menurut tap MPR no 11 tahun 1998. Indonesia memiliki beragam rumah adat kemudian ada tarian , lagu daerah , alat musik , pakaian adat dan musik. Semua ini merupakan hasil warisan secara turun temurun.
Sesungguhnya peran pemerintah dalam konteks menjaga keanekaragaman kebudayaan adalah sangat penting. Dalam konteks ini pemerintah berfungsi sebagai pengayom dan pelindung bagi warganya, sekaligus sebagai penjaga tata hubungan interaksi antar kelompok-kelompok kebudayaan yang ada di Indonesia. Semua warga indonesia wajib menjaganya. Berbagai cara dapat dilakukan agar kebudayaan di indonesia tetap terjaga diantaranya adalah melakukan beberapa acara rutin tahunan seperti PRJ di Jakarta kemudian bisa juga melalui media cetak atau pun televisi dan radio.

BAB III 
PENUTUP
KESIMPULAN
·         Kebudayaan adalah sesuatu hal atau cara yang di wariskan turun temurun dari generasi ke generasi.
·         Indonesia memiliki keanekaragaman budaya karena banyaknya suku dan ras di indonesia.
·         Semua orang wajib menjaga kebudayaan bangsa indonesia.
·         Pemerintah harus tegas agar kebudayaan kita tidak di klaim pihak lain karena budaya adalah salah satu identitas bangsa
·         Budaya di indonesia harus di jaga agar anak cucu kita dapat menikmatinya.
·         Langkah paling tepat adalah membentuk sebuah undang – undang untuk mengatur kebudayaan di indonesia.

SARAN
Makalah ini sangat jauh dari kata sempurna. Karena kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT. Maka dari itu kritik dan saran sangat di butuhkan agar makalah ini menjadi lebih sempurna lagi. Terima kasih.






Tidak ada komentar: