Senin, 01 Februari 2016

MAKALAH TIK MICROSOFT, WORD TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPUTER

KATA PENGANTAR

Segalapujibagi Allah SWT yang telahmemberikanrahmatdanHidayah-Nya sehinggapenyusunbisamembuatmakalahinitanpaadasuatuhalanganapapundalammenyelesaikanmakalah yang berjudul”TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPUTER”.
Dalampenyusunanmakalahinipenyusunmerasamasihbanyakkekurangan-kekuranganbaikpadateknispenulisanmaupun material, mengingatakankemampuan yang dimilikipenyusun. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat diharapkan demi penyempurnaan penyusunan makalah ini.
Dalam penyusunan makalah ini penyusun menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telahmembantu dalam menyelesaikan pembuatan makalah ini serta dosen mata kuliah ilmupengetahuanalam.Penyusunberharapdalammakalah ini dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang membutuhkan pada umumnyadapatdiselesaikan.




                                                              PENDAHULUAN

Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalahperangkatlunakpengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertamaditerbitkanpada 1983 dengannama Multi-Tool Word untukXenix, versi-versi lain kemudiandikembangkanuntukberbagaisistemoperasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelahmenjadibagiandari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberinama Microsoft Office Word.
Microsoft Word adalahsuatu software pengolah kata denganmenggunakan system operasi Windows yang cukuphandalmemberikankemudahanbagi para pemakai.
Microsoft Word merupakan program pengolah kata yang cukup lengkap dan lebih otomatis. Bahkan perintah dan fungsi yang disediakan oleh software ini menunjang berbagai keperluan mulai dari pengetikan atau penyusunan naskah biasa, laporan, surat kabar sampai dengan fax.

1.      Apa Microsoft Word itu?
2.      Bagaimana cara mengoperasikan Microsoft word?
3.      Apa saja elemen yang ada pada jendela Word?

1.      Agar dapat mengetahui dan mengenal Microsoft Word
2.      Agar dapat mengoperasikan Microsoft Word
3.      Agar dapat mengenal elemen pada jendela Word



Microsoft Word adalahsuatu software pengolah kata denganmenggunakan system operasi Windows yang cukuphandalmemberikankemudahanbagi para pemakai.
Microsoft Word merupakan program pengolah kata yang cukup lengkap dan lebih otomatis. Bahkan perintah dan fungsi yang disediakan oleh software ini menunjang berbagai keperluan mulai dari pengetikan atau penyusunan naskah biasa, laporan, surat kabar sampai dengan fax. Microsoft Word jugamerupakan program aplikasipengolah kata (word processor) yang yangbiasadigunakanuntukmembuatlaporan, dokumenberbentuksuratkabar, label surat, membuattabelpadadokumen.

1.      Membuka Microsoft Word
Untukmembuka Microsoft Word ada 2 cara, yaitu :
a.       Double Click icon Microsoft Word pada Desktop
b.      Click Start=>Programs=>Microsoft Office=>Microsoft Word

2.      MembuatDokumenBaru
Jika kita baru memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan dokumen kosong yang siap untuk ditulisi. Namun, jika komputer tidak secara otomatis menyediakan dokumen kosong, ada 2 cara yang dapat menjadi alternatif dalam membuat dokumen baru.
a.       TekanAlt+F=> New => Blank Document
b.      TekanCtrl+Npada keyboard



3.      Membuka File yang sudahTersimpan
Ada beberapacarauntukmembuka file yang telahtersimpandalam folder komputer kalian, antaralain :
a.       TekanAlt+F=>Open
b.      TekanCtrl+Opada keyboard

4.      MenyimpanDokumen
Segera setelah memulai penulisan sebuah dokumen sedapat mungkin dilakukan penyimpanan. Hal     ini bertujuan untu menghindari dari hilangnya dokumen.Ada beberapa cara untuk menyimpan file dalam folder komputer, antara lain:
a.       TekanAlt+F=>Save As
b.      Klik icon Savepada ribbon
c.       TekanCtrl+Spada keyboard
Kemudian akan ditampilkan kotak Dialog Save As. Ketikkan nama file dokumen, dan Click Save.
5.      Menutup File Dokumen
a.       TekanAlt+F=> Close
b.      KlikiconXpada ribbon

Elemenpada Microsoft antaralain :
1.      Hotkey / shortcut
Berupakombinasibeberapatomboltertentu  pada keyboard yang menyebabkan program aplikasi yang sedangberjalanuntukmelakukansuatu proses tertentu

2.      Toolbar
Perintah-perintahditampilkandalamgrup-grupterpisah.

3.      Ruler  margin
Digunakanuntukmengaturbataskiridankanandarisuatuhalaman

4.      First Line Indent
Digunakanuntukmengaturposisihurufpertamapadasetiapawalparagraph

5.      Hanging Indent
Digunakanuntukmengaturposisihurufsetelahbarispertamapadasuatuparagraph

6.      Left Indent
Digunakanuntukmengaturbataskiriuntuksemuateks

7.      Right Indent
Digunakanuntukmengaturbataskananuntuksemuateks


                                 PENUTUP                                 

Microsoft word adalahsuatu software pengolah kata denganmenggunakan system operasi Windows yang cukuphandalmemberikankemudahanbagi para pemakai.Microsoft Word jugamerupakan program aplikasipengolah kata (word processor) yang yangbiasadigunakanuntukmembuatlaporan, dokumenberbentuksuratkabar, label surat, membuattabelpadadokumen.

1.      Pelajarilahdengan detailMicrosoft  Word, sehinggaakanmempermudahdalammenggunakannya.
                                    Gunakanlahaplikasiinidenganbaikdalampenggunaannya.

Tidak ada komentar: